Tokoh Spider-Man dalam Captain America Civil War Mengapa Tom Holland?

tom-24 Mei 2016 pastinya paling ditunggu-tunggu oleh insan pencinta film Captain America: Civil War. Film besutan Marvel ini menyajikan sesuatu yang beda. Bila dilihat trailer yang dirilis di YouTube tampaknya bakal terjadi pertempuran antarkubu superhero. Pertempuran itu disebabkan oleh perseteruan Captain America dengan Iron Man karena adanya isu registrasi manusia super.

Pihak Captain America didukung Winter Soldier, Black Panther, Ant-Man, Scarlet Witch dan Hawkeye, sedangkan di kubu Iron Man ada Black Widow, War Machine, Falcon, The Vision, dan Spider Man. Sayang, Hulk sepertinya tak ada di film ini, padahal dengan adanya manusia hijau ini pertempuran bakal lebih seru lagi sepertinya.

Bagi saya banyak hal menarik dalam film ini. Salah satunya adalah kehadiran Spider-Man di akhir scene trailer. Dalam scene itu Spider-Man setelah dipanggil Iron Man, merebut perisai Captain secara tiba-tiba dengan jaring laba-laba miliknya. Sang Kapten terkejut, lalu Spider-Man lompat ke atas mobil sambil memegang senjata baja Vibranium milik Kapten.

Ketika pertama sekali melihat trailer ini, saya sempat penasaran dan bertanya-tanya siapa pemeran Spider-Man dalam film yang disutradai Anthony Russo dan Joe Russo itu. Namun, akhirnya saya tahu pemerannya adalah Tom Holland.

Banyak pihak yang bertanya, mengapa Tom Holland, bukannya Tobey Maguire atau Andrew Garfield.

Thomas Stanley “Tom” Holland (lahir 1 Juni 1996; umur 19 tahun) adalah aktor dan penari asal Inggris yang dikenal karena bermain dalam Billy Elliot the Musical di Victoria Palace Theatre, London dan juga karena membintangi film The Impossible. Ia juga tampil di Screen International “UK Stars of Tomorrow – 2012” dan Variety “Youth Impact Report 2012”. Bukan hanya itu. Ia juga memenangkan Hollywood Spotlight Award dari peninjauan oleh National Board of Review di kategori “Breakthrough Actor”.

Meski banyak prestasi yang ditorehnya, bukan hal mudah bagi Tom mendapat peran Spider-Man dalam film Captain America: Civil War. Dikutip dari loop.co.id, ia harus menyisihkan empat kandidat lainnya: Nat Wolff, Asa Butterfield, Timothee Chalamet, dan Liam James. Beruntung, setelah berbagai pertimbangan, Marvel dan Sony melabuhkan pilihannya pada Tom Holland.

Mengapa Marvel dan Sony tidak memilih Andrew Garfield, padahal ia disebut-sebut sangat cocok memerankan Spider-Man dalam The Amazing Spider-Man. Mengenai hal ini tersiar rumor bahwa Marvel dan Sony kecewa dengan film The Amazing Spider-Man 2 yang tidak sesuai dengan ekspektasi mereka. Terlepas dari rumor itu, kabar pastinya adalah habisnya kontrak dan umur yang telah melebihi 20 tahun menjadi alasan kuat tidak dipilihnya Andrew Garfield berperan sebagai Spider-Man dalam Captain America:Civil War.

Meski demikian, sebagaimana dikutip loop.co.id, pada suatu wawancara, Andrew mengaku senang dengan terpilihnya Tom Holland sebagai pengganti dirinya. Ia kagum dengan akting Tom di film The Impossible yang menurutnya begitu kuat dan sensitif. Postur tubuhnya juga amat mendukung peran Spider-Man karena ternyata Tom juga merupakan seorang penari. Yang jelas, Andrew benar-benar sudah rela dan merestui Tom untuk berperan sebagai Spider-Man.

Jika bukan Andrew, mengapa bukan pendahulunya Tobey Maguire. Dikutip dari www.duniaku.net, ada lima alasan Spider-Man Civil War tidak diperankan Tobey Maguire. Katanya, karena kegagalan Spider-Man 3. Bahkan sang sutradara Sam Raimi mengakui kegagalan Spider-Man 3, “Mereka masih membenciku. Itu adalah film yang tidak berjalan dengan baik. Aku berusaha, tapi aku tidak percaya dengan semua karakter, dan tidak bisa disembunyikan dari banyaknya yang mencintai Spider-Man. Jika sutradara tidak mencintai sesuatu, salah bila mereka tetap membuatnya ketika semua orang menyukainya”.

Masih dikutip dari www.duniaku.net, gagalnya produksi Spider-Man 4 disebut-sebut juga menjadi alasan tidak terpilihnya Tobey sebagai pemeran Spider-Man dalam Captain America: Civil War. Tak hanya itu, kesibukan Tobey memproduksi film, hobinya bermain judi melalui klub poker ilegal yang diduga melibatkan Matt Damon, Ben Affleck, dan Leonardo di Caprio, serta keinginan menikmati hidup juga menjadi dugaan kuat tak terpilihnya Tobey.

Menurut saya alasan ini terlalu berlebihan. Saya menduga, tidak terpilihnya Tobey semata-mata karena ia terlalu tua memerankan kembali tokoh Spider-Man. Dugaan saya ini tidak terlepas dari keinginan Marvel dan Sony memilih aktor berusia 18-20 tahun sebagai pemeran Spider-Man, berbeda dari Tobey Maguire yang saat itu umurnya sudah lebih dari 20 tahun.

Bisa dibayangkan bagaimana Spider-Man diperankan oleh Tobey yang tua. Pastinya tidak sesuai dengan karakter Spider-Man yang seharusnya anak muda yang juga anak sekolahan. Semakin lucu jika melihat Spider-Man beruban.

Apa pun dugaan terhadap Spider-Man yang diperankan Tom Holland, banyak orang menunggu aksinya, apakah ia lebih baik daripada pendahulunya atau biasa-biasa saja, atau malah lebih buruk. Kita tunggu aksinya 4 Mei 2016 nanti.[]

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s