Bahasa dan Penalaran: Makan Daging Ayam daripada Kambing

Ia lebih senang makan daging ayam daripada kambing. Ini merupakan kalimat yang juga salah nalar. Kesalahan nalar kalimat itu terjadi akibat penghilangan bentuk yang dianggap sama, padahal penghilangan seperti itu justru menimbulkan salah nalar yang cukup besar.

Dalam anggapan sebagian orang, kalimat utuh kalimat tersebut adalah Ia lebih senang makan daging ayam daripada makan daging kambing. Jadi, untuk menghemat kata, kelompok kata makan daging setelah kata daripada dihilangkan saja sehingga menjadi Ia lebih senang makan daging ayam daripada kambing.

Kenyataannya, setelah penghilangan seperti yang disebutkan di atas dilakukan, yang terjadi justru kekacauan kalimat atau kalimat yang tak bernalar. Ini karena kalimat Ia lebih senang makan daging ayam daripada kambing bermakna ia senang makan daging ayam dan kambing pun senang makan daging ayam sebab yang dibandingkan adalah subjek kalimat. Kalimat itu dapat dilengkapi menjadi Ia lebih senang makan daging ayam daripada kambing makan daging ayam. Tentu saja ini tidak benar. Agar bernalar, kalimat tersebut harus disusun menjadi Ia lebih senang makan daging ayam daripada makan daging kambing. Perlu diingat bahwa penghilang makan daging setelah daripada tak dapat dilakukan meski sama dengan kelompok kata sebelum daripada. Ini karena penghilangan itu memunculkan kalimat yang tak bernalar.

Kesalahan penalaran dengan kasus yang sama seperti kasus di atas juga terdapat pada kalimat berikut: Mereka tidak paham dan mengerti keadaan politik dewasa ini. Zainal Arifin dan Farid Hadi dalam bukunya 1001 Kesalahan Berbahasa mengatakan bahwa kesalahan kalimat ini terletak pada kekurangcermatan penyusunan kalimat dalam menggunakan rincian, yaitu tidak paham dan mengerti. Tidak mungkin seseorang yang tidak paham politik dewasa ini sekaligus ia mengerti politik dewasa ini.

Kesalahannya memang pada ketidaksejajaran kata tidak paham dan tidak mengerti. Akan tetapi, jika ingin berbicara tertib, cermat, dan bernalar kita harus lebih berhati-hati dalam mengungkapkan sesuatu. Kita pun tidak mungkin mengatakan Saya tidak senang dan rela pacar diambil orang, bukan? Oleh karena itu, penulisan yang benar untuk kalimat di atas adalah Mereka tidak paham dan mengerti keadaan politik dewasa ini.[]

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s