Nasi Kambing dan Nasi Bebek

Gulai daging kambingSaat melintasi beberapa jalan di Banda Aceh sepulang mengajar, saya sempat membaca sepintas beberapa plang nama warung nasi. Tak lupa, sambil tetap mengontrol laju sepeda motor dan memperhatikan ke depan, sesekali saya melirik daftar menu yang juga ditulis pada plang nama warung.Hm, maknyus dan menggugah selera.

Di antara daftar menu itu, ada satu yang cukup menggelitik dan mampu “memantik” muka kerut saya untuk tersenyum, padahal matahari begitu panas dan perut pun keroncongan. Menu yang saya maksud adalah nasi kambing dan nasi bebek.

Ditulis dengan semua huruf kapital yang bentuk tulisannya juga lebih besar daripada tulisan menu yang lain, pertanda bahwa nasi kambing dan nasi bebek merupakan menu utama warung tersebut. Tak lupa, sebelum tulisan nasi kambing, tertulis kata tersedia. Maka, bila digabungkan dengan nasi kambing, menu itu dapat dibaca menjadi tersedia nasi kambing dan nasi bebek.

Sepintas, tak ada yang keliru dengan tulisan itu. Namun, bila kita pahami secara mendalam, timbul pertanyaan, apa yang dimaksud dengan nasi kambing dan nasi bebek?

Secara kebahasaan, nasi kambing dan nasi bebek berarti nasi yang khusus disediakan untuk kambingdan untuk bebek. Ini berarti nasi kambing dan nasi bebek bukan untuk manusia. Akibatnya, nasi kambing dan nasi bebek menjadi tidak bernalar karena ditulis di warung nasi tempat manusia sarapan. Bila yang dimaksud benar-benar nasi kambing dan nasi bebek, peternak kambing dan peternak bebek tentu saja dapat membelinya untuk kambing dan bebek mereka.

Namun, andaikan kita singgah di warung itu dan menanyakan apakah ada nasi untuk kambing dan bebek di warung itu, jawaban pemiliknya tentu saja tidak ada. Dia akan mengatakan bahwa di warungnya tersedia nasi dengan gulai daging kambing dan gulai daging itik.

Dengan demikian, bila yang dimaksud adalah gulai daging kambing dan gulai daging itik, redaksi kalimat yang benar adalah tersedia nasi gulai daging kambing dan gulai daging itik, bukan tersedia nasi kambing dan nasi itik.

Maka, benarkah di warung nasi Anda tersedia nasi kambing dan nasi bebek, atau nasi gulai daging kambing dan gulai daging bebek?[]

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s